membuat animasi dengan 3D max

Posted by rolandt piere | Posted in | Posted on 20.32

Bagaimana membuat animasi dari 3Ds max, berikut ini saya akan menunjukkan sedikit cara mudah menggerakkan kamera pada 3DS max hingga diperoleh animasi gerak kamera yang halus, cara ini banyak digunakan untuk gambar visualisasi arsitektur untuk presentasi ataupun tugas kuliah arsitektur.

Karena ini adalah tutorial menggerakkan kamera pada 3Ds max jadi disini tidak akan ditunjukkan cara lainnya seperti cara setting material.
Saya akan memberi contoh untuk menggerakkan kamera disekitar text dengan menggunakan target camera, pertama bikin dahulu text yang ingin anda jadikan target

untuk obyeknya, jika anda belum tahu caranya ikuti saya, klik icon create kemudian pilih text lalu ketik text yang ingin anda gunakan, dalam kolom parameter anda bisa memasukkan settingan seperti ukuran text, font yang ingin dipakai, dll. Selanjutnya setelah anda membuat text, pilih menu modify lalu pilih extrude pada menu dropdown modify list, sebelumnya pastikan text anda dalam keadaan terpilih, dalam pilihan extrude masukkan nilai yang anda inginkan, nilai ini digunakan untuk memberi ketebalan pada text anda, setelah selesai putar text anda tersebut 90° yups, dari langkah ini objek sudah selesai.

Dilanjutkan ke langkah selanjutnya, buat sebuah kamera bertarget dengan cara mengeklik create lalu pilih cameras buat kamera bertarget dengan mengeklik target klik tombol tersebut hingga menyala, kemudian klik pada layout anda untuk memasukkan kamera tersebut.


Tempatkan target kamera anda pada posisi ditengah obyek, ini dilakukan jika anda menginginkan nanti hasil render akan terlihat memutar, namun jika ingin bergerak tidak memutar ikuti langkah saya dibawah ini.

Pertama buat sebuah garis yang akan digunakan sebagai jalan kamera tersebut, klik pada tombol create lalu pilih shape kemudian klik tombol line lalu pada parameter creation method anda pilih smoth semua pada kolom initial type dan drag type dalam keadaan terpilih drag pada layout anda untuk membuat garis jika ingin mengahiri klik-kanan pada maouse anda. yups, untuk langkah ini anda sudah selesai, namun jika garis anda mempunyai arah yang kurang sesuai dengan yang anda inginkan klik pada shape tersebut kemudiah pilih modify lalu klik vertex ubah posisi vertex pada garis anda tadi dengan mengeklik tombol move lalu drag vertex pada line tersebut hingga mempunyai bentuk seperti yang anda inginkan, sebenarnya untuk dijadikan jalan kamera semua shape bisa digunakan, namun untuk contoh ini saya akan menggunakan shape line.

Setelah line sudah selesai pilih kamera ( bukan target kameranya ) lalu klik pada pilihan motion lalu anda akan diberi dua pilihan antara parameter dan trajectories setiap pilihan mempunyai kelebihan tersendiri namun pada contoh ini saya akan menggunakan parameters.

klik pada parameters lalu klik pada rollout assign controller pada pilihan ini anda akan diberi 3 pilihan pada textareanya, namun untuk membuat animasi kamera klik pada Position hingga menyala lalu klik pada tombol anda akan diberi banyak pilihan, pilih saja pada pilihan path constraint lalu pilih OK

Setelah selesai drag kebawah dan pilih Add Path pada rollout Path Parameters lalu pilih line yang sudah anda buat tadi.

sampai disini seharusnya sudah bisa dilihat hasilnya, coba klik icon play atau tekan tombol / pada keyboard anda untuk memainkan animasinya, untuk cara ini akan secara otomatis menggunakan setting frame yang anda gunakan, namun anda juga bisa mengedrag timelinenya menjadi yang anda inginkan atau rescale timeline untuk memperpanjang durasinya, jika animasi kamera anda masih terlihat memutar lakukan langkah yang sama untuk menganimasikan target kameranya, dengan cara ini anda akan mempunyai view dari kamera dengan gerakan yang halus.

Comments (0)

Poskan Komentar