Analisa Mobile Game Pada J2ME

Posted by rolandt piere | Posted in | Posted on 16.52

0

Permainan ini sangat menarik karena mempunyai peraturan yang sederhana dan mudah dipahami. Selain itu bagi yang sudah ahli, permainan ini akan dapat dirasakan kemudahan dalam menentukan pilihan langkah dan strategi agar permainan ini dapat selesai dengan cepat. Oleh karena itu penulis melakukan penulisan mengenai permainan Puzzle Kata untuk perangkat berjalan dengan J2ME, dimana aplikasi permainan ini dapat dijalankan pada semua telephone selular yang mendukung Java.

Setelah memahami sistem kerja dan membuat desain antarmuka, diagram aktifitas serta system navigasi pada pembuatan aplikasi permainan Puzzle Kata, sekarang saatnya membuat aplikasi permainan Puzzle Kata tersebut. Sebelumnya masukan paket-paket yang ada didalam java yang dibutuhkan dalam proses pembuatan aplikasi tersebut. Paket-paket tersebut diantaranya adalah:
import javax.microedition.lcdui.Display;
import javax.microedition.midlet.MIDlet;
import java.util.Random;
import javax.microedition.lcdui.*;
import javax.microedition.lcdui.Display;
sintak diatas adalah sintak yang digunakan untuk memasukkan paket-paket dalam java seperti pembuatan midlet, pengacakan, dan tampilan program.

Pada rancangan tampilan ini, penulis akan memulai membuat sebuah aplikasi game sederhana yang dinamakan “rubixRedux MIDlet”. Apllikasi ini adalah aplikasi permainan yang mendukung user untuk mengasah daya berpikir dan logika agar bisa menyelesaikan permainan ini. Fitur yang terdapat pada aplikasi ini adalah :

· Dalam aplikasi tersebut tersedia fasilitas “help/about” sehingga user dapat mengetahui bagaimana permainan ini dimainkan dan bisa membantu menjelaskan ada apa saja dalam permainan ini.

· Dalam aplikasi tersebut disediakan fasilitas “save” dan fasilitas “load” yang difungsikan untuk menyimpan permainan yang sedang dimainkan dan permainan itu bisa dilanjutkan kembali nanti sesuai keinginan user.

· Dalam aplikasi tersebut tersedia fasilitas “high scores” yang berfungsi untuk mencatat nilai tertinggi yang user dapatkan pada saat memainkan permainan ini dengan catatan waktu tersendiri.

Untuk membuat aplikasi permainan Puzzle Kata, penulis terlebih dahulu menginstal Netbeans IDE 6.8 yang mendukung fitur konektifitas untuk java mobile, baik dalam segi masukan data, pemrosessan, maupun keluaran program. Termasuk didalamnya terdapat paket-paket dasar bahasa java. Didalam Netbeans IDE 6.8 terdapat Software Development Kit (SDK) untuk mengembakan program dan java 2 Runtime Environment (JRE) untuk menjalankan program, serta Java 2 Micro Edision sebagai program utama dalam aplikasi mobile.

Untuk mengimplementasikan program aplikasi permainan ini, penulis memerlukan kode program yang ada didalam pada direktori C:\WTK2.5.2_01\apps\rubixRedux\src. Berikut penjelasan dari kegunaan masing-masing statement adalah :

· About.java

Untuk menampilkan penjelasan tentang bagaimana cara permainan ini dan membantu mnngerti finngsi-fungsi setiap pilhan dalam menu utama.

· GameThread.java

Untuk mengatur jalannya permainan tersebut dari dimulai atau di pause atau berhenti permainan tersebut.

· highScoresAlert.java

Berfungsi untuk menyimpang nilai tertinggi yang didapat pemain dalam setiap kali permainan yang dimainkan.

· rubixRedux.java

Sebagai program utama yang mengandung class MIDlet atau class induk.

· rubixReduxCanvas.java

Sebagai tampilan dari dasar tampilan permainan tersebut seperti tampilan warna, objek, dkk.

Penulisan ini bertujuan untuk memperkenalkan pembuatan aplikasi permainan Puzzle Kata. Aplikasi ini dibuat dengan tampilan Menu Mulai, Reset, Pengaturan dan Tentang Programmer. Aplikasi permainan Puzzle Kata dapat di upload pada telephone selular yang mendukung software Java. Kelebihan dari Aplikasi ini hanya menghabiskan sedikit memori pada telephone selular karena ukurannya hanya sekitar 190 Kb saja, sehingga mudah untuk di aplikasikan dan diinstall ke dalam telephone selular. Aplikasi ini bersifat freeware, dan software gratisan. Aplikasi ini hanya dapat digunakan pada handphone yang berbasis Java
Dari hasil pembahasan penulisan ilmiah dengan tema membangun aplikasi permainan pada ponsel menggunakan J2ME, penulis menyimpulkan bahwa permainan yang diberi nama Puzzle Kata ini telah mampu untuk diaplikasikan kedalam perangkat yang dimaksud. Aplikasi permainan ini telah mampu memenuhi fungsinya sebagai sebuah permainan yang utuh dan layak untuk dimainkan. Fasilitas seperti menu dan grafis dalam permaianan ini semakin lengkap dan menarik serta memiliki daya saing dengan permainan lain yang ada saat ini.